PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK GENERASI MUDA DALAM MEMAJUKAN BANGSA



PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK GENERASI MUDA DALAM MEMAJUKAN BANGSA
index.jpg
Pendidikan karakter dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Secara lebih khusus pendidikan karakter memiliki tiga fungsi utama, yaitu :

  •  Pembentukan dan pengembangan potensi pendidikan karakter berfungsi membentuk dan mengembangkan potensi manusia atau warga Negara Indonesia agar berpikiran baik, berhati baik, dan berperilaku baik sesuai dengan falsafah hidup Pancasila.

  • Perbaikan dan penguatan pendidikan karakter berfungsi memperbaiki karakter karakter manusia dan warga Negara Indonesia yang bersifat negative dan memperkuat peran keluarga, satuan pendidikan, masyarakat, dan pemerintah untuk ikut berpartisipasi dan bertanggung jawab dalam pengembangan potensi manusia.

  • Penyaring pendidikan karakter bangsa berfungsi memilah nilai-nilai budaya bangsa  sendiri dan menyaring nilai-nilai budaya lain yang positif guna membangun bangsa yang lebih bermartabat.

Pendidikan karakter meliputi dan berlangsung pada :

  • Pendidikan Formal


  • Pendidikan Nonformal

  • Pendidikan Informal

Namun tampaknya upaya pendidikan yang dilakukan oleh lembaga pendidikan dan institusi Pembina lain belum sepenuhnya mengarahkan dan mencurahkan perhatian secara komprehensif pada upaya pencapaian tujuan pendidikan nasional. Dalam pendidikan, membangun karakter bangsa mencakup upaya untuk mencapai suatu proses internalisasi pengetahuan yang kemudian dapat berlanjut sampai dengan terjadinya suatu perubahan. Disini diperlukan adanya perubahan dari segenap komponen bangsa ini untuk sanggup melakukan pergantian atau perubahan setelah menjalani setiap proses pembelajaran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini