Guru adalah orang yang sangat berpengaruh pada anak didik di sekolah. Seorang guru harus bisa menjalin ikatan batin yang kuat dengan anak didiknya. Ini hal terpenting agar seorang guru bisa berperan menjadi orangtua kedua bagi para murid supaya mereka merasa nyaman sekaligus menyenangkan belajar di sekolah. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh seorang guru agar bisa menjadi "Orang Tua" kedua bagi murid :
1. Membangun Rasa Kasih dan Sayang
Rasa kasih dan sayang yang perlu dibangun adalah rasa kasih sayang sebagaimana orangtua kepada anaknya. Karena seorang guru bukanlah orangtua kandung bagi anak didiknya, sudah tentu ekspresi dan bentuknya berbeda dengan orangtua kandung mereka dalam memberikan rasa kasih dan sayang. Rasa kasih dan sayang yang bersumber dari dalam hati tetaplah perlu dibangun dengan sebaik-baiknya oleh seorang guru yang ingin dicintai oleh anak didiknya.
Rasa kasih dan sayang yang dibangun oleh seorang guru akan membuatnya bersikap lembut kepada anak didiknya. Sungguh, pendidikan yang dilakukan dengan kelembutan hati akan sangat berkesan di hati anak didik. Di samping itu, anak didik pun akan dengan senang hati mengikuti proses belajar mengajar yang diampu oleh sang guru. Di sinilah sesungguhnya keberhasilan sebuah proses pendidikan diawali. Sebab, tidak ada faktor yang lebih penting dari rasa senang dan semangat yang menyala pada diri anak didik yang akan berhasil dalam belajar.
2.  Memberikan Yang Terbaik
Orang tua kita dirumah pasti selalu memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Beliau rela mengorbankan jiwa dan raga demi membahagiakan dan memberi yang terbaik untuk anak-anaknya.
Nah......
Begitu juga seorang guru sebagai orangtua yang kedua bagi anak didik ketika berada di sekolah, seorang guru harus senantiasa membangun kesadarannya untuk bisa memberikan yang terbaik kepada anak didiknya. Memberikan yang terbaik bagi anak didik bagi seorang guru sudah tentu dalam hal pendidikan. Dalam hal ini, guru harus memdidik anak didiknya sebagaimana anak kandungnya sendiri selalu memberi yang terbaik.
3. Mendampingi Dengan Senang Hati
Orang tua akan selalu setia mendampingi buah hatinya dengan senang hati. orang tua tidak akan mungkin membiarkan anaknya dalam bahaya.Kepedulian orangtua dalam mendampingi anaknya merupakan fitrah yang sekaligus memberikan perlindungan kepada anaknya. Oleh karena itu, anak merasakan damai dan nyaman ketika berada di samping orangtuanya.
Nah......
Guru juga tidak boleh lelah untuk selalu mendampingi anak didiknya dalam belajar dan proses pembelajaran. karena kenyamanan anak didik berpengaruh dalam hasil karya yang didapat.
jangan pernah dilupakan juga "mendampingi" bukan hanya mendampingi saja. tapi, mendampingi disini harus didasari dengan senang hati. karena kenyamanan siswa berada pada tangan pendidik atau guru yang ada di sekolah tersebut. yang berusaha sekuat tenaga untuk menjadi orang tua kedua bagi anak didiknya.
Maka, seorang guru yang disenangi oleh anak didiknya adalah yang mendampingi mereka dengan senang hati.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK GENERASI MUDA DALAM MEMAJUKAN BANGSA